Selasa, Oktober 02, 2007

Wow, sungguh suatu investasi besar!

Hari Minggu kemarin, 30 September 1958, sore hari, saya bersama keluarga dan teman-teman kantor bersama-sama tracking (On-On), menyusuri pematang sawah sambil menyaksikan para petani baru selesai memanen padi.
Kemudian kami makan malam bersama, karena hari itu adalah hari ulang tahun saya yang ke-49.

Sungguh suatu perjalanan panjang, sudah selama 17,897 hari saya ada di dunia ini.
Jika saya mengkonsumsi 30 gram beras setiap harinya, itu artinya saya telah menghabiskan sekitar 5 ton beras selama ini.
Jika kebutuhan pangan, sabun, dan sebagainya, rata-rata 50 Ribu Rupiah setiap harinya, itu artinya saya (dan orangtua saya) telah mengeluarkan uang sekitar 1 miliar rupiah.
Saya belum menghitung kebutuhan pakaian, pendidikan, sosial, dan sebagainya...
Wow, sungguh suatu investasi besar!

Karena saya sering diminta sebagai pembicara atau moderator, atau memimpin rapat, barangkali lebih dari 20 juta kalimat telah saya ucapkan selama ini.
Saya termasuk beruntung karena orangtua saya tidak mau atau barangkali tidak terpikir untuk mengajari saya tentang bagaimana caranya memaki atau mengeluarkan kata-kata kotor.
Seandainya tidak demikian, entah sudah berapa banyak sumpah-serapah akan meluncur dari bibir saya...

Semakin ngelantur saya merenung, maka dapat dibayangkan semakin besar investasi orangtua saya untuk membesarkan saya.
Begitu juga orangtua Anda.
Akankah investasi yang begitu besar ini menjadi sia-sia?

Tidak ada komentar:

Sandy Muda

Sandy Muda
Seperti apa aku jadinya nanti?